7 Cara Penggunaan AC Agar Hemat Listrik

7 Cara Penggunaan AC Agar Hemat Listrik

Tinggal di negara dengan iklim tropis, musim kemarau dan cuaca yang cukup panas membuat penggunaan AC sudah jadi suatu kebutuhan. Di Indonesia hampir seluruh rumah, gedung dan berbagai fasilitas umum memasang AC di dalam ruangannya. Karena penggunaannya yang sudah sangat melekat dengan masyarakat, sehingga konsumsi listrik dari AC ini cukup berat. Maka alat yang berfungsi sebagai pendingin ruangan ini adalah salah satu perangkat elektronik yang membuat tagihan listrik Anda semakin membengkak. 

Pastinya Anda menginginkan untuk bisa hidup dengan hemat tanpa harus membuat kantong Anda jebol. Karena itu, Anda harus memperhatikan dengan baik penggunaan AC di rumah Anda. Ada beberapa hal yang perlu Anda ketahui dalam pemasangan dan penggunaan AC untuk bisa membuat rumah Anda jadi rumah yang hemat energi. Sehingga secara tidak langsung juga Anda bisa menjaga kelestarian bumi dan juga aman untuk kantong Anda.

1. Ukuran yang Tepat

Sebelum membeli AC, seharusnya Anda sudah mencari terlebih dahulu ukuran AC manakah yang tepat untuk diletakkan di ruangan Anda. Pastikan ukuran AC dan ukuran ruangan adalah tepat. Jangan gunakan AC berukuran kecil di ruangan yang cukup besar karena akan membuatnya jadi bekerja sangat keras. Sedangkan jika menggunakan AC berukuran besar di ruangan yang kecil, maka akan terbuang sia-sia udara dingin yang dihasilkan tersebut.

2. Tempat Teduh

Hindari memasang pendingin ruangan di tempat yang panas atau terkena sinar matahari secara langsung. Karena AC akan menyerap panas tersebut dan membuat kinerja AC jadi semakin berat untuk menghasilkan udara yang sejuk dan malah membuatnya banyak menggunakan daya listrik. Sebaliknya pasang AC di bagian yang teduh dan tidak terpapar sinar matahari secara langsung.

3. Rutin Service AC

Melakukan service AC tidak sama dengan melakukan service pada peralatan elektronik yang lainnya. Biasanya orang sering melakukan service ketika peralatannya rusak, tetapi lain halnya dengan AC. Semakin sering dan rutin Anda melakukan service AC, maka semakin awet AC Anda. Bersihkan filter secara rutin dan teratur. Filter AC anda menyimpan banyak debu dan kotoran yang jika dibiarkan terus menerus tanpa dibersihkan malah membuat AC Anda bekerja lebih keras. Gunakan jasa service AC Bandung dengan rutin kurang lebih dua sampai tiga bulan sekali.

4. Tutup!

Kesalahan yang cukup sering dilakukan tanpa kita sadari adalah membiarkan pintu tidak tertutup dengan rapat, bahkan terbuka saat sedang meninggalkan ruangan yang ber-AC. Tak hanya pintu, jendela atau ventilasi juga harus ditutup dengan rapat agar listrik yang digunakan tidak terbuang secara sia-sia.

5. Matikan Jika Tidak Digunakan

Matikanlah AC Anda jika tidak digunakan. Tentunya ini adalah salah satu cara yang tepat dan efektif untuk menghemat listrik di rumah. Jangan biarkan ruangan Anda jadi semakin sejuk, bahkan dingin tanpa digunakan. Tentu, ini akan jadi sangat boros untuk menyalakan AC tanpa menggunakannya. 

6. Jangan Buat Kerja Keras

Dengan Anda menyalakan berbagai peralatan elektronik atau perangkat lainnya yang menghasilkan panas di dalam rumah akan membuat suhu di rumah Anda semakin tinggi. Tentu dengan semakin tingginya suhu di ruangan, AC akan bekerja jauh lebih keras untuk menghasilkan udara yang lebih sejuk.

7. Atur Suhu

Atur thermostat AC Anda sekitar 78 derajat selama satu hari ketika sedang berada di rumah dan naikkan jika Anda tidak berada di dalam rumah. Cara ini dapat membantu Anda untuk menghemat pemakaian listrik di rumah Anda.

Komentar